Mac OS X  2¢ÔATTRÔ˜<˜<com.apple.quarantineq/0083;6819cad1;Safari;7669CE29-A9D8-4C8B-89E2-E0B5F6BCEDCE01950 2200133 4500245007600000250003400076700002300110005001900133260003700152041001400189084001000203300003200213500157100245 aMetode Penelitian Komunikasi Dilengkapi Contoh Analisis StatistikhText aCet Keenambelas, Oktober 2014 aJalaluddin Rakhmat a20240930103040 aBandungbRemaja Rosdakaryac2002 aIndonesia a001.4 a15.5 x 21 x 1 cm, 184 hlm : aPerhatian pada penelitian ilmu komunikasi bukanlah monopoli ilmuwan. Pihak legislatif dan eksekutif perlu meyakini tingkat efek komunikasi massa untuk menyusun undang-undang atau menetapkan kebijaksanann. Para pendidik mencari kemungkinan penggunaan media komunikasi untuk tujuan-tujuan instruksional. Pemasangan iklan tentu ingin mengetahui efektivitas iklan yang dipasangnya. Surat-surat kabar ingin mengetahui jangkauan pengaruh yang ditimbulkannya. Para mubalig, para pendeta, dan badan-badan yang bergerak untuk memengaruhi masyarakat berminat untuk meneliti pengaruh dan hasil kegiatan komunikasi mereka. Terakhir, paling tidak setiap mahasiswa yang mendalami gejala komunikasi -- apa saja bidang ilmunya -- memerlukan kemampuan melihat komunikasi secara empiris.rnPada buku Metode Penelitian Komunikasi, Jalaluddin Rakhmat, yang meraih gelar M.Sc-ya pada bidang penelitian komunikasi di Iowa University, menjelaskan cara-cara melakukan penelitian komunikasi. Setelah menguraikan metode, model, dan teknik penelitian komunikasi, ia juga membimbing Anda untuk membuat usulan penelitian -- baik untuk keperluan skripi Anda maupun untuk ditawarkan pada lembaga-lembaga pemberi dana. Yang sangat berharga dalam buku ini -- serta berguna bagi semua peneliti ilmu sosial -- adalah petunjuk praktis pengujian hipotesis denga tes-tes statistik. Langkah-langkah analisis statistik diuraikan dengan cara yang sederhana dan mudah dipahami. Walaupun Anda tidak pandai dalam matematika (dan membencinya), Anda akan menguasai (dan menyukai) tes-tes statistik dalam buku ini.